Rabu, 26 Juni 2013

TATA CARA ATAU ATURAN ETIKA KOMUNIKASI

Komunikasi adalah  suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan), dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Etika dalam berkomunikasi
Banyak orang beranggapan bahwa dalam sebuah pembicaraan, kita harus menggunakan etika untuk menghargai dan menghormati lawan bicara. Ada sebuah teori yang mendefinisikan etika sebagai, sebuah cabang ilmu filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma, moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya. Dalam teori ini, etika memiliki 3 tujuan, yaitu:
  • Membantu manusia untuk bertindak secara bebas dan dapat dipertanggung jawabkan.
  • Membantu manusia mengambil sikap dan tindakan secara tepat dalam hidup ini.
  • Tujuan akhir untuk menciptakan kebahagiaan.
Terlepas setuju atau tidaknya kita dengan teori diatas, namun ada hal yang bisa kita sepakati bahwa etika berhubungan dengan moral, sistem tentang bagaimana kita harus hidup secara baik sebagai manusia.
Cara kita berkomunikasi dengan penyampaian yang jelas. Jika kita salah penyampaian, jadi salah juga kita dalam beretika komunikasi.


Sumber :

Kesimpulan :
Tujuan komunikasi adalah untuk menyampaikan suatu maksud untuk itu harus menggunakan tata cara yang benar supaya orang lain mengerti apa yang kita maksud. Jika penyampaian yang kita maksud tidak jelas maka akan menimbulkan kesalahpahaman. karena cara kita berkomunikasi menunjukkan moral kita. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar